A.Pengertian Pendidikan
Istilah pendidikan berasal dari
bahasa Yunani “paedagogie” yang akar katanya “pais” yang berarti anak dan
“again” yang artinya bimbingan. Jadi “paedagogie” berarti bimbingan yang
diberikan kepada anak. Dalam bahasa inggris pendidikan diterjemahkan menjadi
“Education”. Education berasal dari bahasa Yunani “educare” yang berarti
membawa keluar yang tersimpan dalam jiwa anak, untuk dituntun agar tumbuh dan berkembang.
Definisi pendidikan menurut para
ahli
a.
Langeveld
seorang ahli pendidikan bangsa
Belanda yang pendidikannya berorientasi ke Eropa dan lebih menekankan kepada
teori-teori (ilmu). Menurut ahli ini
pendidikan adalah : “bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang
dewasa kepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar
anak cukup cakap dalam melaksanakan tugas hidupnya sendiri tidak dengan bantuan
orang lain.
b.
John Dewey
seorang
ahli filsafat pendidikan Amerika pragmatisme dan dinamis, pendidikan
(education) diartikan sebagai “Proses pembentukan kecakapan-kecakapan
fundamental secara intelektual dan emosional ke arah alam dan sesama manusia”.
c.
Driyarkara
definisi
yang dikemukakan adalah Pendidikan adalah hidup bersama dalam kesatuan “tri
tunggal” ayah, ibu dan anak di mana terjadi pemanusiaan anak dengan mana dia
berproses untuk akhirnya memanusia sendiri sebagai purnawan.
d.
Ki Hajar Dewantara,
sebagai
Tokoh Pendidikan Nasional Indonesia, peletak dasar yang kuat pendidikan
Nasional yang progresif untuk generasi sekarang dan generasi yang akan datang
merumuskan pengertian pendidikan sebagai berikut : “Pendidikan umumnya berarti
daya upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti (kekuatan batin,
karakter), pikiran (intelek dan tubuh anak); dalam Taman Siswa tidak boleh
dipisah-pisahkan bagian-bagian itu agar supaya kita memajukan kesempurnaan
hidup , kehidupan dan penghidupan anak-anak yang kita didik, selaras dengan
dunianya”.
e.
Garis-Garis
Besar Haluan Negara
Pendidikan pada hakikatnya adalah usaha sadar untuk mengembangkan
kepribadian dengan kemampuan didalam dan diluar sekolah dan berlangsung seumur
hidup dan dilaksanakan dalam lingkungan keluarga,sekolah dan masyarakat. Karena
itu pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga,masyarakat dan
pemerintah.
f.
Undang-Undang
Sistim Pendidikan Nasional (UUSPN) no 20 tahun 2003 bab 1 pasal 1
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan
potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual,keagamaan,pengendalian
diri,kepribadian,kecerdasan,akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya,masyarakat,bangsa
dan negara.
g. Dictionary
Of Education
Pendidikan
adalah proses dimana seseorang mengembangkan kemampuan sikapdan bentuk-bentuk
tingkah laku lainnya didalam masyarakat dimana ia hidup,proses sosial orang
dihadapkan pada pengaruh lingkungan yang terpilih dan terkontrol ( kususnyayang
datang dari sekolah ) sehingga dia dapat memperolehatau mengalami perkembangan
kemampuan sosial dan kemampuan individu yang optimum (Dikjen
Dikti,1983/1984:19)
.
h. Raka Joni
1.
Pendidikan merupakan proses interaksi manusia yang ditandai oleh keseimbangan
antara
kedaulatan subjek
didik dengan kewibawaan pendidikan.
2. Pendidikan merupakan usaha
penyiapan subjek didik menghadapi lingkungan hidup yang mengalami
perubahan yang semakin pesat.
3. Pendidikan meningkatkan
kualitas kehidupan pribadi dan masyarakat.
4. Pendidikan berlangsung
seumur hidup.
5. Pendidikan merupakan kiat dalam
menerapkan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan teknologi bagi
pembentukan
manusia seutuhnya.
B. Ilmu Pendidikan
adalah dua kata yang
dipadukan, yakni Ilmu dan Pendidikan yang masing-masing memiliki
arti dan makna tersendiri. Ilmu pendidikan adalah ilmu yg mempelajari serta memproses
pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha
mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara,
pembuatan mendidik.
C. PERANAN DAN KEDUDUKAN ILMU PENDIDIKAN DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN
1.
PERANAN ILMU PENDIDIKAN DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN
a.Pendidikan untuk mencapai manusia yang ideal
a.Pendidikan untuk mencapai manusia yang ideal
b.pendidikan untuk pengembangan
dimensi kemanusiaan
2. KEDUDUKAN ILMU PENDIDIKAN DALAM
PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN.
Kedudukan ilmu pendidikan itu berada di tengah-tengah ilmu yang lain dalam penyelenggaraan pendidikan yang membahas masalah yamg berhubungan dengan pendidikan yang dapat :
Kedudukan ilmu pendidikan itu berada di tengah-tengah ilmu yang lain dalam penyelenggaraan pendidikan yang membahas masalah yamg berhubungan dengan pendidikan yang dapat :
a.meningkatkan pengetahuan,kesadaran dan toleransi
b.meningkatkan question skils dan kemampuan
menganalisakan sesuatu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar